2013-01-11

Iwak Samu Papuyu Khas Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan memiliki ragam kuliner yang sayang banget kalau orang Banjar sendiri tidak bisa membuatnya. Salah satunya adalah iwak samu. Saya sendiri belum sempat tanya-tanya arti atau maksud iwak samu secara harfiah, tapi hasil kesimpulan sendiri iwak samu adalah salah satu bentuk pengawetan iwak (ikan) karena melalui proses pengasinan. Ikan yang digunakan adalah ikan sungai, ya, karena di Kalsel terdapat seribu sungai ^_^


Nah, kebetulan kemarin paman sayur bawa ikan Papuyu, ga terlalu besar, ga terlalu kecil, jadi bingung mau dimasak apa, karen ikan ini banyak skali durinya. Akhirnya terpikirlah untuk dibikin jadi samu. Berikut akan saya bagi cara membuat iwak samu yang saya dapat dari mama saya.

Bahan:
500 gr Iwak Papuyu, bersihkan
Garam secukupnya (takaran saya 50 gr dan ini agak keasinan. sepertinya 25 gr cukup)
5 sdm Beras putih, sangrai sampai coklat, blender kering hingga halus

Cara Membuat:
1. Iwak papuyu yang sudah dicuci bersih tambahkan garam. Diamkan satu malam atau sekitar 12 jam. Boleh simpan dalam kulkas, boleh di luar kulkas tapi di tempat tertutup. Kalau orang Banjar biasanya lebih memilih menyimpan di luar kulkas karena akan memberi efek aroma bau-bau sedap ikan mati satu hari. Hhihiii
2. Kemudian cuci bersih iwaknya dan balurkan beras di seluruh badan ikan. Jika didiamkan satu malam lagi biasanya semakin enak rasa ikannya. Tapi jika mau dimasak hari itu juga sudah cukup enak kok ^_^



Ini penampakan iwak samu papuyu yang saya buat kemarin

Oke, itu baru cara membuat iwak samu, sekarang bagaimana cara memasak iwak samu?
Pada umumnya, iwak samu hanya digoreng biasa menggunakan minyak tidak terlalu banyak. Kenapa minyak gorengnya ga banyak? Karena biasanya minyak bekas menggorengnya akan menjadi coklat dan tampak kotor oleh beras sangrainya :) Jadi daripada nanti terbuang, mending pakai sedikit minyak aja ^_^

Nah, berikut resep iwak samu papuyu goreng versi saya.

Bahan:
6 ekor iwak samu papuyu
3 butir bawang merah, iris tipis
1 butir bawang putih, iris tipis
1 buah cabe merah, iris tipis
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:
Siapkan penggorengan, panaskan minyak, goreng iwak samu papuyu.
Saat iwak mendekati masak, masukkan bawang merah, tunggu agak layu, kemudian bawang putih dan cabe merah. Aduk-aduk semua isi penggorengan. Matikan api jika iwak samu sudah masak merata.
Sajikan bersama nasi putih dan cacapan asam. Mmmm... Yummiiii...
Kata temen saya "Haiyin" samu adalah menu perusak diet. Hahahahaaa...

Ini penampakan Iwak samu papuyu goreng

Selamat mencoba yaaa ^_^

0 komentar:

Posting Komentar