2010-02-12

Tips Hari Ini: Resep Tradisional Atasi Mata Bintitan

Kebetulan kemaren pagi mata diqi bintitan, mgkn krn tangannya mampir di banyak tempat trus ngucek2 mata. Nah, dengan satu sentuhan resep tradisional , sebelum jam 12 siang bintitan di kelopak matanya hilang. Benda apakah itu?



Di keluarga saya memang termasuk penganut aliran resep2 tradisional dalam mengatasi suatu penyakit. Makanya begitu mata diqi bintitan, yang saya ingat adalah jahe! Biasanya saya atau adik2 saya bintitan, mengatasinya dengan jahe. Agak panas dan bikin perih memang, tapi saat itu yang saya tau cm jahe. Pengen cari di internet, pc lg in trouble. Ya udah deh, tega2 in aja ngolesin jahe ke kelopak mata diqi. Tapi sebelum saya olesin ke kelopak matanya, si jahe saya olesin dulu ke kelopak mata saya, jd critanya sama2 merasakan gimana rasanya jahe diolesin ke kelopak mata. Heheee

1 cm jahe dikupas kulitnya, cuci bersih, potong jd dua, trus olesin ke kelopak mata yang bintitan.
Bener2 dah, rasanya panas dan perih. Diqi nangis! Tangannya pengen ngucek2 matanya, tp saya cegah dan bikin dia makin nangis. Berhubung msh bayi, ga terlalu susah utk mengalihkan perhatiannya ke hal lain. Dalam satu jam rasa panas dan perih efek jahe ini hilang kok.
Jd, untuk jahe saya sarankan jangan dicoba untuk bayi deh kalo bayinya sangat rewel.

Slain dengan jahe jg bisa dengan bawang putih dan asam jawa. Yang dua macam ini belum pernah saya coba, cuma hasil temuan menjelajah internet ^^

Bawang Putih
Satu siung bawang putih dikupas kulitnya dan dicuci bersih, lalu potong menjadi 2 bagian dan oleskan pada kelopak mata yang bintitan. Rasanya jg pasti agak perih, tp kayanya tidak panas seperti jahe.

Asam Jawa
Ambil asam jawa sekitar seperti kelereng, campur dengan sedikit garam dan air hangat, lalu oleskan pada kelopak mata yang bintitan. Kalo ga hati2 dan masuk ke mata, asam jawa juga bikin perih.

Nah, sekarang tinggal Anda pilih mau pake yang mana. High recomendly seh pake jahe, ampuh banget! Hehee
Semoga bisa membantu...




0 komentar:

Poskan Komentar